Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam
sejahtera bagi kita semua.
Tentunya saya sendiri nasabah dari
Bank BCA, dan saya menggunakan layanan m-Banking BCA. Adanya layanan m-Banking
BCA menurut saya sangat memudahkan para nasabah untuk bertransaksi, dimanapun,
dan kapanpun. Karena pada m-Banking BCA meladeni banyak pembayaran, sehingga
terhitung layanan m-Banking BCA bisa berpredikat all in one. Mulai dari bayar pulsa, bayar listrik, bayar tagihan
jasa internet semua ada pada layanan m-Banking BCA ini.
Tulisan saya kali ini, saya akan
sedikit mengulas sedikit aspek usability pada
m-Banking BCA. Aspek usability pada
mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer memiliki 5 tolak ukur, seperti yang
sudah saya bahas pada tulisan saya sebelumnya, yaitu :
1. Learnability
2. Efficiency
3. Memorabilty
4. Errors
5. Satisfaction
Mari
kita ulas m-Banking BCA berdasarkan 5 tolak ukur usability diatas.
1. Learnability
Gambar
kiri bawah adalah tampilan saat kita pertama kali memasuki aplikasi m-Banking
BCA. Begitu mudah untuk dipelajari layanan yang ada. Saat kita memilih m-BCA
dan memasukan kode akses (bukan pin, kode akses aplikasi) maka akan masuk pada
gambar kiri atas. Sangat mudah untuk dipelajari sekali lagi karena kalimat pada
button sangat jelas dan informatif. Maka
bagi pengguna baru tidak akan pusing – pusing mempelajari aplikasi ini.
2. Efficiency
Pandangan saya, aplikasi m-Banking BCA sedikit tidak
efisien. Eits, sabar dulu. Tidak efisien
ini karena sering kali menanyakan pin saat hendak bertransaksi. Tapi saya juga
bisa memaklumi ini karena alasan keamanan. Bilamana kondisi Dawai kita disadap
atau dicuri, akun bank kita akan tetap aman karena selalu menanyakan pin akun
bank kita.
3. Memorability
Hahaha, jangan kira kita ngomongin masalah memorabilty ngomongin masalah kepikunan
? Salah besar. Justru dengan kita menilik aspek ini, kita tidak perlu membuang
waktu terlalu lama dalam bertransaksi. Bisa dilihat kolom “Ke Rekening”, kita
hanya perlu klik kolom tersebut dan muncul nomor rekening yang pernah kita
bertransaksi dengan dia. Sangat cepat, sangat efisien.
4. Errors
Mungkin
bagian ini hampir sama dengan m-Banking lainnya. Bisa dilihat dari gambar no.3,
terdapat LED berwarna disamping tombol send. LED tersebut adalah indikator sinyal
data internet kita. Dengan adanya pengondisian ini, meminimalisir terjadinya
eror saat bertransaksi karena sinyal internet kita. LED dapat berubah menjadi 3
warna, yaitu :
a.
Warna Hijau,
berarti data internet kita memiliki sinyal sangat baik di tempat kita ingin
bertransaksi. Hanya pada kondisi ini kita dapat bertransaksi menggunakan m-BCA.
b.
Warna Biru,
berarti data internet kita memiliki sinyal cukup baik di tempat kita ingin
bertransaksi. Kondisi ini kita tidak bisa bertransaksi.
c.
Warna Merah,
berarti data internet kita memiliki sinyal buruk di tempat kita ingin
bertransaksi. Kondisi ini kita tidak bisa bertransaksi.
5. Satisfaction
Overall, saya sangat puas menggunakan aplikasi m-Banking yang
disediakan BCA ini. Tingkat kepuasan saya menjadi tinggi sebab aplikasi ini hampir
tidak pernah mengalami eror atau maintenance
yang lama. Mahalnya biaya administrasi tidak menjadi masalah akan hal ini.
(Syarif Waliyuddin, 2A114606, 3KB09)


Tidak ada komentar:
Posting Komentar