Selasa, 30 Mei 2017

Analisa Aspek Usability pada M-Banking BCA

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera bagi kita semua.
            Tentunya saya sendiri nasabah dari Bank BCA, dan saya menggunakan layanan m-Banking BCA. Adanya layanan m-Banking BCA menurut saya sangat memudahkan para nasabah untuk bertransaksi, dimanapun, dan kapanpun. Karena pada m-Banking BCA meladeni banyak pembayaran, sehingga terhitung layanan m-Banking BCA bisa berpredikat all in one. Mulai dari bayar pulsa, bayar listrik, bayar tagihan jasa internet semua ada pada layanan m-Banking BCA ini.
            Tulisan saya kali ini, saya akan sedikit mengulas sedikit aspek usability pada m-Banking BCA. Aspek usability pada mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer memiliki 5 tolak ukur, seperti yang sudah saya bahas pada tulisan saya sebelumnya, yaitu :
1.      Learnability
2.      Efficiency
3.      Memorabilty
4.      Errors
5.      Satisfaction
Mari kita ulas m-Banking BCA berdasarkan 5 tolak ukur usability diatas.
1.      Learnability




            Gambar kiri bawah adalah tampilan saat kita pertama kali memasuki aplikasi m-Banking BCA. Begitu mudah untuk dipelajari layanan yang ada. Saat kita memilih m-BCA dan memasukan kode akses (bukan pin, kode akses aplikasi) maka akan masuk pada gambar kiri atas. Sangat mudah untuk dipelajari sekali lagi karena kalimat pada button sangat jelas dan informatif. Maka bagi pengguna baru tidak akan pusing – pusing mempelajari aplikasi ini.

2.      Efficiency
Pandangan saya, aplikasi m-Banking BCA sedikit tidak efisien. Eits, sabar dulu. Tidak efisien ini karena sering kali menanyakan pin saat hendak bertransaksi. Tapi saya juga bisa memaklumi ini karena alasan keamanan. Bilamana kondisi Dawai kita disadap atau dicuri, akun bank kita akan tetap aman karena selalu menanyakan pin akun bank kita.

3. Memorability


Hahaha, jangan kira kita ngomongin masalah memorabilty ngomongin masalah kepikunan ? Salah besar. Justru dengan kita menilik aspek ini, kita tidak perlu membuang waktu terlalu lama dalam bertransaksi. Bisa dilihat kolom “Ke Rekening”, kita hanya perlu klik kolom tersebut dan muncul nomor rekening yang pernah kita bertransaksi dengan dia. Sangat cepat, sangat efisien.


4.      Errors
Mungkin bagian ini hampir sama dengan m-Banking lainnya. Bisa dilihat dari gambar no.3, terdapat LED berwarna disamping tombol send. LED tersebut adalah indikator sinyal data internet kita. Dengan adanya pengondisian ini, meminimalisir terjadinya eror saat bertransaksi karena sinyal internet kita. LED dapat berubah menjadi 3 warna, yaitu :
a.       Warna Hijau, berarti data internet kita memiliki sinyal sangat baik di tempat kita ingin bertransaksi. Hanya pada kondisi ini kita dapat bertransaksi menggunakan m-BCA.
b.      Warna Biru, berarti data internet kita memiliki sinyal cukup baik di tempat kita ingin bertransaksi. Kondisi ini kita tidak bisa bertransaksi.
c.       Warna Merah, berarti data internet kita memiliki sinyal buruk di tempat kita ingin bertransaksi. Kondisi ini kita tidak bisa bertransaksi.

5.      Satisfaction
Overall, saya sangat puas menggunakan aplikasi m-Banking yang disediakan BCA ini. Tingkat kepuasan saya menjadi tinggi sebab aplikasi ini hampir tidak pernah mengalami eror atau maintenance yang lama. Mahalnya biaya administrasi tidak menjadi masalah akan hal ini.


(Syarif Waliyuddin, 2A114606, 3KB09)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar